fbpx
manfaat anak berkebun

Ajari anak anda tentang menghargai alam, dimulai dengan berkebun

Tanam di sekitar rumah adalah miniatur alam, kita bisa membuat seperti layaknya alam bebas, tentu dengan beberapa penyesuaian dan budget tambahan, suasana rumah dengan taman tentu berbeda dengan suasana rumah tanpa tanaman, selain kesejukan, kebersihan udara juga tentu banyak manfaat lain yang di peroleh jika rumah memiliki tanaman. Walaupun kecil terutama bagi mayarakat perkotaan yang ukuran tanahnya sempit, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sempitnya lahan menjadi sebuah tanam dengan segala kelebihannya.

Jika kita melihat kondisi alam saat ini. Sungguh menyedihkan banyak masyarakat tidak terlalu memperhatikan masalah lingkungan. Menebang pohon sampai membuang sampah sembarang menjadi salah satu sumber bencana saat ini. Kita bisa memulai hal sederhana di rumah terutama di taman kita, mengajarkan anak-anak untuk mencintai alam. Adanya keterlibatan anak dalam kegiatan ramah lingkungan itu sangat baik. Salah satu kegiatan cinta alam yang mudah dilakukan anak-anak adalah berkebun di rumah.

Mengapa Anda harus mempertimbangkan berkebun untuk anak-anak Anda?

Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh anak-anak saat berkebun di rumah:

Belajar

Dalam menanam, secara tidak langsung anak diajari keajaiban ilmu pengetahuan seperti siklus hidup tumbuhan dan bagaimana campur tangan manusia dapat merusak atau membuat lingkungan. Mereka bisa mendapatkan pengalaman langsung tentang keajaiban hidup melalui benih. Ini pasti akan menjadi pengalaman baru dan menyenangkan bagi anak-anak.

Kehidupan

Menyaksikan benih tumbuh menjadi pohon sama menakjubkannya dengan konsepsi kelahiran dan pertumbuhan seorang anak. Pada waktunya, anak-anak akan belajar mencintai tanaman mereka dan menghargai kehidupan di dalamnya. Berkebun sebenarnya dapat membantu mensimulasikan bagaimana kehidupan seharusnya diperlakukan – harus dilakukan dengan hati-hati. Kebutuhan hidup akan ditekankan kepada anak-anak dengan bantuan berkebun – air, sinar matahari, udara, tanah. Kebutuhan tersebut dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan manusia, yaitu air, udara, makanan, tempat tinggal. Dengan hanya menyiangi,gulma atau tumbuhan yang tidak diinginkan seseorang dapat mendidik bagaimana pengaruh buruk harus dihindari agar dapat menjalani hidup dengan baik dan benar.

Baca juga :  Mengirim tanaman antar daerah gampang kok, simak caranya
Relaksasi

Studi menunjukkan bahwa berkebun dapat mengurangi stres karena efeknya yang menenangkan. Ini berlaku untuk semua kelompok umur. Lebih dari itu, ini merangsang semua panca indera. Percaya atau tidak, berkebun dapat digunakan sebagai terapi untuk anak-anak yang dianiaya atau mereka yang menjadi anggota keluarga broken home. Itu membantu membangun kepercayaan diri seseorang.

Waktu Berkualitas dengan Keluarga

Anda bisa melupakan rutinitas kerja Anda yang penuh tekanan untuk sementara waktu dengan melihat suasana yang indah di taman. Anda dapat bermain dan menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak Anda. Anda dapat berbicara sambil menyiram tanaman atau Anda dapat bekerja bersama-sama di dalam taman. Intinya adalah, selalu lakukan apa yang harus Anda lakukan, bersama anak-anak Anda. Anda mungkin menemukan banyak hal baru tentang anak Anda saat berbaur dengan mereka di taman Anda.

Meluangkan waktu untuk berkebun dengan anak-anak membantu mereka menyadari kebutuhan lingkungannya. Dan salah satu cara untuk memulai pendidikan lingkungan itu adalah dengan berkebun.
Ibaratnya Sambil menyelam minum susu – ajari mereka untuk menghormati kehidupan saat Anda terikat dengan mereka.
Ini adalah satu contoh kegiatan yang bisa dilakukan pada saat pandemi
Kapan anda mulai menanam tanaman pertama anda??

Cek Juga

tips memilih tanaman untuk taman

Tips memilih tanaman yang sempurna untuk taman pekarangan

Jika Anda berpikir untuk membuat taman, ini adalah hal pertama yang Anda butuhkan. Pertimbangkan jenis …

packing bunga

Mengirim tanaman antar daerah gampang kok, simak caranya

Indonesia sebagai negara tropis adalah surga berbagai jenis bunga yang tumbuh, bahkan beberapa diantaranya sangat …

pupuk bunga

7 bahan yang sering diabaikan ternyata bisa jadi pupuk alternatif

Salah satu aktivitas yang lagi trend saat ini adalah memelihara bunga, selain karena kondisi saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.