fbpx
cara membasmi ulat

Bagaimana Cara Membasmi Ulat pada Tanaman? Ini Triknya

Siapa yang tidak terganggu dengan keberadaan ulat pada tanaman, terutama bagi Anda pecinta tanaman hias. Bahkan ulat yang kecil dapat menjadi masalah besar bagi tanaman. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara membasmi ulat pada tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membasmi ulat, mulai dari cara yang alami hingga yang paling ekstrim. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara membasmi ulat yang cukup ampuh.

Tanam Tumbuhan Pengusir Ulat

Ternyata, ulat tidak sembarangan memakan tanaman. Ada juga tanaman yang tidak disukai karena baunya yang menyengat bagi ulat. Cara alami ini dapat Anda coba untuk membasmi ulat pada tanaman di pekarangan Anda.

Anda dapat menanam mint, lavender, maupun kemangi untuk mengusir ulat. Tanaman-tanaman ini mempunyai bau yang tidak disukai oleh ulat, sehingga mereka akan memilih untuk pergi menjauh. Namun, hal ini tidak akan begitu efektif jika lahan yang Anda miliki terlalu luas.

Memelihara Unggas

Unggas seperti ayam atau bebek dapat Anda manfaatkan untuk membantu melenyapkan ulat dari tanaman Anda. Peliharalah unggas, maka mereka secara naluriah akan melenyapkan ulat dan serangga pengganggu lainnya dengan cara memakannya.

Akan tetapi, hal ini sangat beresiko pada tanaman. Anda harus waspada terhadap peliharaan tersebut, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan merusak dan memakan tanaman Anda. Tidak mau kan tanaman indah Anda dirusak unggas?

Menggunakan Pestisida Alami

Pestisida alami banyak dipilih untuk merawat tanaman karena dinilai lebih ringan dan tidak menimbulkan efek samping yang merusak tanaman. Begitu pula untuk membasmi hama berupa ulat, Anda juga dapat menggunakan pestisida alami.

Baca juga :  Waspada hama baru tanaman jagung Fall Army Worm dan cara pengendaliannya

Pestisida alami untuk membasmi ulat adalah bubuk bacillus thuringiensis. Bubuk bakteri ini merupakan pestisida alami yang dapat membunuh ulat. Selain itu, pestisida ini berbeda dengan pestisida pada umumnya yang membahayakan lingkungan, sehingga aman bagi tanaman dan manusia.

Menggunakan Air Beras

Jangan buang air cucian beras Anda. Ini dapat menjadi salah satu cara membasmi ulat pada tanaman yang cukup efektif. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan air beras ke tanaman, terutama pada bagian daunnya.

Jika merasa cara ini kurang ampuh, Anda dapat menambahkan jamur tertentu pada air cucian beras. Anda bisa mendapatkan jamur dari nasi basi. Campuran ini cukup ampuh untuk mengatasi hama ulat pada tanaman.

Menggunakan Campuran Cabai Merah

Untuk membasmi ulat, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Campuran cabai merah dengan sabun, air, dan bawang putih dinilai cukup efektif untuk membasmi hama ulat pada tanaman. Anda hanya perlu menyemprotkan campuran ini ke ulat, maka dia akan mati dengan sendirinya.

Menyiram Oli

Jika serangan ulat bulu membandel dan sangat mengganggu bagi Anda dan tanaman, Anda dapat menggunakan cara yang bisa dikatakan cukup kasar bagi ulat. Anda dapat membasmi ulat-ulat pengganggu dengan menyiramkan oli pada sarang ulat.

Penggunaan cara ini mengharuskan Anda untuk menemukan sarang ulat terlebih dahulu. Setelah itu, siram sarang tersebut dengan oli. Tunggu beberapa saat, maka ulat-ulat tersebut akan mati. Namun, Anda perlu berhati-hati jika oli tertumpah di lantai, akan menyebabkan lantai licin dan berbahaya.

Menggunakan Pestisida Kimia

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan pestisida kimia jika diperlukan. Cara ini memang sangat ampuh. Namun, selama masalah ulat masih bisa diselesaikan dengan cara yang natural, sebaiknya Anda tidak menggunakan cara ini karena dapat menimbulkan efek samping bagi tanaman dan lingkungan.

Baca juga :  Lalat Bibit Padi Hama Yang Sering Disepelekan

Bakar Ulat

Cara membasmi ulat pada tanaman dengan membakarnya memang cukup ekstrim, tetapi sangat efektif. Untuk membakar ulat, sebelumnya Anda harus mengumpulkan ulat-ulat tersebut ke dalam botol atau ember.

Setelah itu, letakkan semua ulat tersebut di atas daun kering. Kemudian, bakar dengan bensin atau minyak tanah. Cara ini cukup efektif untuk membasmi ulat untuk beberapa saat.

Untuk benar-benar mencegah rusaknya tanaman karena ulat, Anda dapat melakukan pembakaran populasi ulat ini secara rutin. Dengan demikian, hama ulat akan benar-benar hilang dari tanaman Anda.

 

Cek Juga

tips memilih tanaman untuk taman

Tips memilih tanaman yang sempurna untuk taman pekarangan

Jika Anda berpikir untuk membuat taman, ini adalah hal pertama yang Anda butuhkan. Pertimbangkan jenis …

packing bunga

Mengirim tanaman antar daerah gampang kok, simak caranya

Indonesia sebagai negara tropis adalah surga berbagai jenis bunga yang tumbuh, bahkan beberapa diantaranya sangat …

pupuk bunga

7 bahan yang sering diabaikan ternyata bisa jadi pupuk alternatif

Salah satu aktivitas yang lagi trend saat ini adalah memelihara bunga, selain karena kondisi saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.