fbpx
buah durian untuk kesehatan

Bukan hanya aroma dan rasanya ternyata durian juga bermanfaat untuk kesehatan

Siapa yang tidak kenal durian?, buah yang satu ini sangat terkenal karena memiliki aroma yang khas dan juga rasa yang unik, karena aroma dan rasanya sering menjadi buah yang kontroversi karena banyak yang menyukai aroma tersebut tetapi tidak sedikit juga yang tidak suka, bahkan kadang mual ketika mencium aroma durian.

Durian sendiri adalah tanaman asli dari Asia Tenggara dan merupakan tumbuhan tropis, dengan ciri khas buah yang berduri, sehingga kemungkinan namanya diambil dari ciri tersebut. Durian (buah yang berduri). Buah ini juga biasanya disebut sebagai “king of fruit” Raja dari segala buah.

Durian sendiri memiliki banyak nama lokal yang berbeda-beda tergantung wilayahnya. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatra dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Di sebagian besar wilayah Sulawesi menyebutnya duriang atau doriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa disebut sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen. (sumber : wikipedia)

Selain aroma dan rasanya ternyata durian juga memiliki manfaat kesehatan, bagi yang kurang senang dengan buah ini bisa dijadikan refesensi agar bisa mencicipi buah ini, manfaat durian untuk kesehatan diantaranya adalah :

Kesehatan pencernaan

Durian memiliki kandungan serat yang tinggi, serat berfungsi untuk kesehatan pencernaan, buah durian yang dikonsumsi dapat membantu melancarkan buang air besar, serta juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

Baca juga :  Jambu biji merah, kandungan dan manfaat untuk kesehatan terutama ibu hamil

Serat yang terkandung dalam durian memiliki fungsi merangsang gerakan peristaltik. Gerakan peristaltik adalah otot-otot saluran pencernaan bergerak secara bergantian untuk mendorong makanan ke tujuan berikutnya di saluran pencernaan. Artinya dengan mengkonsumsi durian bisa melancarkan pencernaan karena fungsinya tadi yang mendorong makanan.

Menjaga kesehatan kelenjar tiroid

Selain serat ternyata durian juga mengandung senyawa tembaga, senyawa ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

Mencegah diabetes

Buah durian memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes, selain itu durian juga bisa menjaga keseimbangan kadang gula darah karena adanya kandungan senyawa bioaktif yang mampu mengendalikan kadar gula darah dalam keadaan seimbang.

Salah satu pemicu diabetes adalah radikal bebas, dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi di durian sehingga dipercaya dapat membantu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu diabetes.

Mengatur tekanan darah

Kandungan lain buah durian yang baik untuk kesehatan adalah kalium, kalium dari beberapa artikel ilmiah menyebutkan berperan dalam regulasi tekanan darah, karena kalium yang normal dalam darah dapat mempertahankan fungsi otot pembuluh darah.

Fungsi kalium dalam pembuluh darah adalah untuk mengendurkan dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa stabil  Semakin stabil tekanan darah seseorang, semakin rendah risiko bahwa orang tersebut akan terkena stroke.

Mencegah penuaan dini

Radikal bebas adalah salah satu pemicu utama penuaan dini. Gejala ini umumnya ditandai oleh kulit yang mengeriput, penampakan garis-garis halus di sekitar mata, dan timbulnya bintik-bintik tua di area wajah. Buah durian sebagaimana yang disebutkan sebelumnya sebagai salah satu sumber antioksidan, hal ini disebabkan karena buah durian juga mengandung vitamin C yang tinggi. Jadi bukan hanya di jeruk di durian pun vitamin C dapat ditemukan

Baca juga :  Mendapatkan Tubuh dan Kulit Yang Sehat Dari Buah Kelengkeng

Mencegah dan meminimalisir kanker

Buah durian mengandung polifenol, yaitu zat yang mampu menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker. Salah satu jenis kanker yang bisa dihambat dengan polifenol  adalah kanker payudara.

Tidak hanya polifenol, antioksidan dalam buah durian juga memainkan peran yang sama, yaitu, pencegahan kanker pada manusia dengan cara menekan akumulasi radikal bebas dalam tubuh.

Mengatasi disfungsi seksual

Disfungsi seksual dapat dialami oleh pria. Dalam durian, ada zat afrodisiak, yaitu zat yang dapat meningkatkan gairah seksual. Meskipun belum ada lagi penelitian, banyak di antaranya berasumsi bahwa jika buah ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat buah durian lainnya untuk kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bahkan, durian adalah salah satu buah yang kaya akan kalium dan magnesium. Kedua zat ini sebenarnya berkontribusi pada kesehatan tulang. Selain itu, kurangnya magnesium juga memiliki potensi untuk meningkatkan risiko osteoporosis.

Mencegah anemia

Buah durian juga mengandung folat atau Vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, Kurangnya sel darah merah pada seseorang dapat berpotensi untuk menimbulkan gejala anemia. Peran sel darah merah adalah membawa asupan oksigen ke semua organ tubuh. Kurangnya sel darah merah menyebabkan anemia yang dapat membuat tubuh terasa lemah dan lesu.

Mengatasi gangguan tidur (insomnia)

Insomnia adalah kelainan yang membuat sesorang sulit tidur. Gangguan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti kecemasan,  depresi dan stres, gaya hidup yang tidak sehat dan pengaruh obat-obatan tertentu.

Kandungan asam amino di dalam durian berupa Tryptophan, membantu menjaga perasaan bahagia yang meningkatkan kadar serotonin di otak. Kondisi ini membuat Anda merasa lebih tenang dan santai, sehingga seseorang membuatnya lebih mudah tertidur.

Baca juga :  Microgreen hobby baru bertanam sayuran mini

Bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, ternyata durian juga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan mental. kandungan asam amino, yaitu, tryptophan, memainkan peran penting dalam peningkatan kadar serotonin di otak. Efeknya adalah suasana hati lebih stabil dan mudah mengendalikan emosi.

Cek Juga

manfaat bengkuang

Manfaat lain dari bengkuang yang ternyata bagus untuk kesehatan

Bengkuang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang banyak di tanaman di Indonesia dan sangat mudah …

Tak ada ikan jantung pisang pun jadi

Tahu kah anda bahwa jantung pisang dapat diolah menjadi lauk layaknya ikan, olahan jantung pisang …

bawang bombai

Bawang Bombai, bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan

Bawang bombai merupakan salah satu jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan, Bawang bombai memiliki aroma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *