fbpx

Cara memilih adjuvan yang benar

Petani dalam pengaplikasi pestisida terkadang mencampur pestisidanya dengan bahan-bahan yang bisa menguatkan atau meningkatkan efikasinya, terkadang bahan-bahan tersebut belum teruji, sehingga ketika mereka mencampur pestisida dengan bahan lain akan menyebabkan kerusakan pada tanaman utama atau ke organisme bukan sasaran. Penggunan bahan tersebut dikategorikan dengan adjuvant
Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan menggunakan adjuvan atau tidak dan cara memilih yang benar:

1. Baca dan pahami label pestisidanya.

Apakah pestisida yang digunakan merekomendasikan Adjuvan? jika iya, Adjuvan tipe apa? jangan membuat asumsi sendiri. Perhatikan bahwa beberapa  label produk mencantumkan/ merekomendasikan adjuvan jenis tertentu tetapi melarang penggunaan adjuvan jenis lain. Banyak pestisida saat ini yang beredar dan sudah memiliki adjuvan sendiri dalam formulasinya. dan menambahkan adjuvan di pestisida ini dapat mengurangi efikasinya.
Contoh :
Bahwa produk tertentu sudah dicampur dengan agen pembasah di formulasinya, kemudian anda menambahkan lagi agen pembasah lain saat anda mencampur dan membuat larutan semprot, sehingga pada saat penyemprotan mungkin hasilnya tidak baik karena sudah encer dan penyebarannya tidak maksimal dan penambahan adjuvan bisa jadi mengurangi atau menambah komposisi(dosis) yang bisa berakibat rusaknya tanaman yang disemprot.

2. Gunakan hanya adjuvan yang diproduksi untuk  penggunaan pertanian atau hortikultura

Adjuvan bukan hanya digunakan dalam pertanian tetapi produk industri juga sering menggunakan adjuvant seperti adjuvan yang digunakan di usaha loundy, Jangan gunakan produk industri atau  deterjen rumah tangga di campuran semprotan pestisida.

3. Adjuvant tidak boleh digunakan sendiri dan bukan pengganti untuk pestisida

4. Jangan menggunakan adjuvant yang tidak teruji atau dibuat sendiri.

Sebagai contoh untuk meningkatkan kinerja herbisida biasanya petani mencampur pupuk urea 1 kg untuk setiap tangkinya, mungkin hal ini bagus untuk membunuh rumput, tetapi jika anda menggunakan di insektisida ataupun fungisida mungkin akan mempengaruhi tanaman yang disemprot atau membuat tanaman terbakar.  Hanya gunakan adjuvant yang telah diuji dan terbukti efektif untuk  penggunaan yang Anda inginkan

5. Uji campuran semprotan sebelum menggunakan.

Jika anda tidak yakin dengan campuran adjuvan yang anda lakukan Sebelum menggunakan di areal yang luas, semprot pada areal yang kecil untuk melihat hasilnya, setelah berhasil anda bisa melanjutkan pada areal yang lebih luas.
Artikel popular Adjuvant pestisida

Cek Juga

cara mencairkan blt umkm

Jangan Lupa Mencairkan segera BLT UMKM sebelum batas akhir pencairan

Bantuan usaha produktif untuk UMKM atau BLT UMKM sementara berjalan untuk tahap 3, para pelaku …

herbisida

Agar tidak salah penggunaan, sebaiknya kenali kelompok Herbisida sebelum digunakan

Herbisida sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi pertanian modern, kebanyakan petani menyebutnya sebagai racun rumput, …

Mengenal keuntungan dan kekurangan formulasi padat pada pestisida

Artikel sebelumnya membahas tentang formulasi cair yang biasa digunakan di pestisida, selanjutnya kita akan membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *