fbpx
daftar mobil bebas pajak

Diskon 100 persen untuk pajak mobil diperpanjang sampai Agustus

Rencana pemerintah memperpanjang insentif pajak atas penjualan barang mewah (PPnBM) berupa diskon sebesar 100% sampai dengan Agustus 2021, sehingga pemerintah dalam hal ini kementerian keuangan harus merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 20/2021 tentang PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Anggaran 2021.

Daftar Mobil Bebas Pajak Sampai Agustus 2021

Revisi ini disebabkan karena PMK No. 20/2021, menyebutkan diskon PPnBM 100 persen yang diberikan mulai 1 Maret 2021 untuk mobil penumpang berukuran 1.500 cc dengan kandungan lokal mencapai 60 persen hanya berlaku hingga Mei 2021.
Periode selanjutnya, Juni hingga Agustus 2021, pembelian mobil akan diberikan diskon PPnBM sebesar 50 persen. Kemudian diskon diberikan sebesar 25 persen untuk periode Oktober hingga Desember 2021.

Dengan pertimbangan pemulihan ekonomi terutama sektor otomotif yang sangat berdampak covid-19, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa diskon PPnBM sebesar 100 persen sampai dengan Agustus 2021. kemudian melanjutkan ke periode Oktober sampai Desember 2021 sebesar 50 %.

Perubahan PMK ini menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Neilmaldrin Noor mengatakan aturan lengkap terkait dengan kebijakan tersebut tengah disusun. “Masih sedang disiapkan perubahan PMK-nya, mohon ditunggu saja dulu,” katanya kepada tempo Minggu, 13 Juni 2021.

Dalam keterangan resminya, Minggu, 13 Juni 2021, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan keputusan tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah usaha di Tanah Air, khususnya sektor industri.

“Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi,” katanya.

Baca juga :  Alasan diskon pajak mobil dan penambahan pajak sembako

Perpanjangan pemberian insentif PPnBM ditanggung pemerintah atau DTP ini diusulkan Menperin dan disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal itu berlangsung dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat, 11 Juni 2021.

Menteri Agus Gumiwang mengemukakan alasan dilanjutkannya diskon pajak PPnBM untuk mobil ini karena sektor otomotif memiliki potensi yang sangat besar dengan dukungan lebih 21 perusahaan. Bahkan industri otomotif memiliki kapasitas produksi mencapai 2,35 juta per tahun.

Serapan tenaga kerja sektor otomotif mencapai 38 ribu orang. Lebih dari 1,5 juta orang turut bekerja pada rantai nilai industri otomotif. Dia berpendapat industri otomotif menjadi salah satu penggerak perekonomian yang pertumbuhannya harus segera dipercepat.

“Industri ini melibatkan banyak pelaku usaha lokal dalam rantai produksinya mulai dari hulu hingga ke hilir,” ucap Menteri Agus menjelaskan perpanjangan kebijakan diskon PPnBM 100 persen untuk mobil baru.

 

 

Originally posted 2021-09-17 15:38:25.

Cek Juga

beras impor sudah datang

Pemerintah dalam waktu dekat akan impor 1 juta ton beras, semoga harga beras tetap stabil

Indonesia dalam waktu dekat berencana melakukan import beras sebanyak 1 juta ton, Menteri Koordinator Bidang …

pns atau pengusaha

PNS atau Wirausaha, pilih mana?

Semakin berkembangnya teknologi informasi membuka wawasan banyak generasi muda untuk memiliki bisnis sendiri atau istilah …

aplikasi protan

Mendaftar dan claim asuransi pertanian dan peternakan kini bisa lewat aplikasi PROTAN

Peranan asuransi pertanian saat ini memang sangat penting, karena kondisi iklim yang tidak menentu sehingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published.