fbpx
insektisida ampuh penggerek batang

Insektisida yang Ampuh untuk Penggerek Batang Padi

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat padi gagal panen. Salah satu faktornya adalah serangan penggerek batang padi, atau biasa disebut ngengat. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa insektisida yang ampuh untuk penggerek batang padi.

Anda bisa mendapatkan insektisida pengusir penggerek pada batang padi dengan mudah di toko-toko obat tanaman terdekat. Berikut adalah rekomendasi produk insektisida yang dinilai ampuh dalam memberantas serangan penggerek pada batang padi.

Insektisida Virtako 300SC

Virtako 300SC adalah insektisida sistemik yang terdiri dari bahan aktif berupa campuran  klorantraniliprol dan tiametoksam yang juga bekerja sebagai racun kontak untuk membasmi hama penggerek pada batang padi. Insektisida ini penggunaannya dilakukan dengan cara melarutkannya dalam air dengan dosis 200 ml per ha. Untuk penggunaan sprayer 14 liter bisa dapat digunakan dengan konsentrasi 10 ml/tangki.

Virtako mampu mengendalikan semua fase hama penggerek batang mulai dari telur sampai ngengat atau kupu-kupu, sehingga insektisida ini merupakan rekomendasi pertama yang sangat ampuh untuk melindungi tanaman padai anda.

Insektisida Virtako 300SC berupa cairan yang berwarna putih kecoklatan dan harus dilarutkan dengan air sebelum menyemprotkannya ke tanaman. Virtako 300SC bisa digunakan untuk mengendalikan hama penggerek batang, pelipat daun, dan wereng pada tanaman padi.

Insektisida Prevathon 50SC

Insektisida pertama yang bisa Anda pilih adalah Prevathon 50SC yang memiliki bahan aktif berupa klorantraniliprol. Cara kerja insektisida ini adalah secara kontak dan lambung untuk membasmi penggerek pada batang padi.

Prevathon 50SC adalah insektisida berbentuk cairan berwarna putih yang tidak terlalu kental. Manfaat utama dari insektisida ini adalah untuk mengendalikan hama belalang, walang sangit, wereng, orong-orong, penggerek padi, perusak daun, dan ulat grayak.

Baca juga :  67 Jenis pestisida dengan bahan aktif Abamectin beserta dengan sasarannya

Insektisida Trimmer 18EC

Trimmer 10EC adalah rekomendasi insektisida berikutnya yang ampuh untuk mengendalikan hama penggerek batang padi. Insektisida ini berupa racun kontak dan lambung dengan bahan aktif abamektin. Selain itu, produk ini memiliki harga yang ekonomis dan kadar dosisnya tergolong rendah.

Manfaat dari insektisida Trimmer 18EC sendiri adalah untuk mengendalikan hama penggerek yang menyerang batang tanaman padi dan ulat grayak. Apabila ingin menggunakan Trimmer 18EC, pastikan bahwa Anda memperhatikan aturan pakai dan ketentuan dosisnya.

Insektisida Regent 50SC

Cara kerja insektisida Regent 50SC sendiri adalah dengan meracuni penggerek pada batang tanaman padi. Cara kerjanya secara kotak, langsung, sistemik, dan bermanfaat juga sebagai zat pengatur tumbuh pada tanaman padi.

Regent 50SC merupakan insektisida dalam bentuk pekatan suspensi yang berwarna putih. Manfaat insekstisida ini ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebagai pengendali penggerek batang padi. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membasmi hama pada kubis, cabai, dan kentang.

Insektisida Furadan 3GR

Rekomendasi insektisida yang ampuh untuk penggerek batang padi berikutnya adalah Furadan 3GR. Insektisida atau nematisida ini sistemik ini berisi bahan aktif berupa karbofuran dengan bentuk butiran yang berwarna ungu.

Manfaat dari Furadan 3GR adalah untuk mengendalikan hama penggerek, nematoda, dan ulat pada tanaman padi. Sementara dosis pemakaian agar bisa berfungsi dengan ampuh adalah kisaran mulai dari 5 hingga 10 g/m2 atau 10 kilogram per hektar.

Insektisida Abacell 18EC

Apabila Anda mencari insektisida pengendali penggerek batang tanaman padi dengan jenis racun kontak lambung yang berisi abamektin, produk Abacell 18EC bisa Anda pertimbangkan. Insektisida ini sangat efektif untuk membasmi hama penggerek pada batang tanaman padi.

Abacell 18EC berguna untuk membasmi hama penggerek dan ulat grayak pada batang tanaman padi. Penggunaan insektisida yang berbentuk pekatan ini juga terbilang cukup mudah. Anda bisa melihat panduan penggunaan pada kemasan produk ini.

Baca juga :  Penggerek batang jagung hama bandel yang mengancam tanaman jagung anda

Insektisida Trisula 450 SL

Rekomendasi insektisida untuk mengendalikan penggerek pada batang tanaman padi yang terakhir adalah Trisula 450 SL. Insektisida ini berisi racun dengan bahan aktif berupa manosultap yang hanya bersifat kontak saja.

Manfaat dari Trisula 450 SL adalah untu mengendalikan hama ulat penggerek yang ada pada batang padi karena bisa menyebabkan sundep dan beluk. Apabila ingin mendapatkan hasil yang ampuh, maka Anda harus menyemprotkannya lansgung mengenai hama ulat penggerek pada batang padi.

Cara menggunakan insektisida Trisula 450 SL adalah melarutkannya dengan air terlebih dahulu. Pada penyemprotan dengan volume tinggi Anda membutuhkan 0,75 hingga 1,5 ml trisula 450 SL untuk 1 liter air.

Rekomendasi produk insektisida yang ampuh untuk penggerek batang padi tersebut bisa Anda pilih sesuai keinginan. Jangan lupa untuk memperhatikan takaran yang tepat saat akan membuat larutan insektisida tersebut sebelum menyemprotkannya ke batang padi.

Originally posted 2021-12-07 15:39:39.

Cek Juga

memilih herbisida lahan pasang surut

Memilih herbisida yang tepat untuk padi pasang surut

Lahan pasang surut atau sawah pasang surut adalah lahan sawah yang tergantung pada air sungai …

Insektisida Mikrobiologi dari Bakteri

Sama seperti jamur, bakteri juga bisa digunakan sebagai agen hayati dalam pengendalian OPT tanaman perbedaan …

Insektisida Mikrobiologi Dari Jamur

Dalam penerapan pertanian organik atau berbasis lingkungan penerapan agen hayati untuk pengendalian Hama dan Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published.