fbpx
buah jambu biji merah

Jambu biji merah, kandungan dan manfaat untuk kesehatan terutama ibu hamil

Jambu biji merah sejak dahulu dikenal sebagai obat diare dan demam berdarah, namun kurang populer di masyarakat umum, sehingga buah ini jarang ditemukan dijual di supermarket atau toko buah, mungkin karena kebanyakan masyarakat belum mengenal manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan. Kandungannya cukup kaya dengan vitamin A, vitamin C, kalium dan antioksidan dan juga mengandung serat, besi, protein, magnesium dan folat.

Kebanyakan jambu biji dikonsumsi dengan dijadikan juice, tetapi memakan langsung buah ini juga segar, hanya kandungan biji yang banyak sehingga banyak orang lebih memilih menjadikan juice ketimbang buah segar. Tanaman yang banyak tumbuh di kebun-kebun masyarakat masih kurang dibudidayakan secara komersial, karena pertumbuhan yang cepat dan gampang tumbuh tanaman ini kadang digunakan sebagai pagar pembatas atau tanaman pekarangan.

Kandungan Buah Jambu Biji Merah

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa buah ini mengandung banyak vitamin dan serat, berikut kandungan buah jambu biji merah dalam 100 gr buah :

  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g

Manfaat Jambu Biji Merah

Mengobati demam berdarah

Penyakit demam berdarah menyebabkan seseorang kekurangan trombosit, mengkonsumsi jambu merah biji dapat meningkatkan trombosit darah, Buah jambu biji merah juga dapat menurunkan gejala demam berdarah  selain buah ekstrak daun jambu biji memiliki peran yang sama yaitu mampu menghambat perkembangan virus dengue sebagai penyebab penyakit demam berdarah

Baca juga :  Bukan hanya aroma dan rasanya ternyata durian juga bermanfaat untuk kesehatan

Meningkatkan kesehatan kulit

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh buah jambu merah adalah vitamin A. Vitamin A sendiri sudah terkenal dalam meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga membantu kulit Anda terlihat segar karena antioksidan mampu  menangkal dan menetralisir radikal bebas dan menekan penuaan dini.

Menyehatkan mata

Selain untuk kesehatan kulit Vitamin A juga berfungsi untuk kesehatan mata, sama seperti vitamin A dalam wortel. Kandungan vitamin A di Jambu Biji Merah juga bermanfaat untuk mencegah infeksi dan penyakit mata. Tidak mengherankan, buah ini sering digunakan sebagai alternatif lain sebagai sumber vitamin A.

Mencegah Diabetes

Salah satu penyebab diabetes adalah kebiasaan konsumsi gula secara berlebih dan gaya hidup yang tidak sehat. Kandungan serat cukup tinggi dalam buah jambu biji merah, berfungsi untuk menekan masalah diabetes. Secara medis, jambu biji merah ini terbukti mengurangi kandungan gula dalam darah.

Baik untuk ibu hamil

Kandungan vitamin dan mineral yang banyak dalam buah jambu biji merupakan salah satu sumber gizi yang baik untuk kesehatan wanita hamil dan juga janin, rajin mengkonsumsi buah jambu biji merah pada saat kehamilan dapat meningkatkan kesehatan kandungan.

Mengurangi risiko kram otot

Wanita hamil rentan mengalami masalah sendi dan otot, terutama di bagian tulang belakang. Hal ini disebabkan karena adanya  janin yang memberikan beban sehingga tekanan di perut mempengaruhi tulang belakang. Konsumsi buah jambu biji yang kaya akan zat besi mampu mengurangi risiko kram otot, dan ternyata bukan hanya di ibu hamil, orang yang mengalami masalah otot juga disarankan mengkonsumsi buah ini

Mendukung perkembangan otak janin

Buah jambu biji merah juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk pengembangan janin pada wanita hamil. Asam folat itu sendiri berfungsi untuk produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga membantu perkembangan otak dan tubuh bagian belakang untuk janin dalam kandungan.

Baca juga :  Manfaat buah tin, buah yang disebut dalam Alquran

Mencegah anemia

Kandungan Besi tidak hanya baik untuk perkembangan tulang, tetapi juga berguna untuk mencegah anemia. Selain itu, untuk wanita hamil, Kebutuhan zat besi dapat meningkat karena ibu juga menghasilkan darah ekstra untuk bayi yang dikandungnya. Darah yang mengandung hemoglobin adalah sarana bagi bayi untuk mendapatkan asupan dan oksigen yang disuplai dari ibu. Jika tingkat besi yang dimiliki oleh ibu rendah, kemungkinan bagi ibu dapat menderita anemia.

Mencegah komplikasi kehamilan

Manfaat dari jambu biji merah lain untuk wanita hamil dapat mencegah komplikasi kehamilan. Bagaimana bisa? Kandungan vitamin C dalam buah jambu merah dapat meningkatkan antioksidan dan menghambat masalah yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan cara ini, sel-sel akan dilindungi dan ini dapat mengurangi risiko preeklampsia, kelahiran prematur, pemutusan prematur membran, bahkan dengan kemungkinan mengembangkan janin di rahim.

Melancarkan saluran pencernaan

Tidak hanya pepaya, buah jambu merah berperan dalam peluncuran saluran pencernaan. Kandungan serat tinggi dalam buah ini akan menjaga pekerjaan saluran pencernaan dan akan mengatasi masalah konstipasi.

Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Banyak yang tidak tahu manfaat jambu biji merah ini. Siapa yang akan berpikir, ternyata buah ini berperan dalam menjaga tekanan darah. Ini tidak lebih dari  kandungan kalium di dalam buah jambu biji merah yang dapat melindungi tubuh dari penyebab tekanan darah. Selain itu, jambu biji merah juga berguna untuk mengurangi kolesterol jahat.

Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C tinggi dalam buah ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh lebih kebal terhadap berbagai penyakit. Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin C di Jambu Biji Merah melebihi jumlah kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk.

Mencegah kanker

Antioksidan dalam biji jambu biji merah, seperti senyawa flavonoid dan fitonutrien efektif dalam mencegah kanker. Selain itu, kandungan vitamin C yang melimpah juga berperan dalam menetralisir radikal bebas, sebagai salah satu penyebab kanker.

Baca juga :  Wajib ada dirumah inilah 11 manfaat pepaya yang perlu anda tahu

Salah satu sumber mangan

Mangan adalah mineral yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting dari makanan yang dikonsumsinya sebelumnya. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, nutrisi penting lainnya dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap lebih mudah oleh tubuh.

Menekan masalah rambut rontok

Kerontokan rambut bisa menimpa siapapun, tidak peduli pria atau wanita, kerontokan rambut secara terus menerus memicu terjadinya kebotakan yang tentunya dapat mengganggu penampilan Anda di masa depan. Buah jambu biji merah yang kaya akan vitamin C dapat membantu pertumbuhan dan menjaga rambut lebih sehat. Tidak mengherankan bahwa buah ini sering dikonsumsi sebagai alternatif untuk mencegah masalah rambut rontok.

Originally posted 2021-06-29 03:38:04.

Artikel popular buah jambu

Cek Juga

manfaat bengkuang

Manfaat lain dari bengkuang yang ternyata bagus untuk kesehatan

Bengkuang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang banyak di tanaman di Indonesia dan sangat mudah …

Tak ada ikan jantung pisang pun jadi

Tahu kah anda bahwa jantung pisang dapat diolah menjadi lauk layaknya ikan, olahan jantung pisang …

bawang bombai

Bawang Bombai, bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan

Bawang bombai merupakan salah satu jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan, Bawang bombai memiliki aroma …

Leave a Reply

Your email address will not be published.