fbpx
manfaat buah kelengkeng

Mendapatkan Tubuh dan Kulit Yang Sehat Dari Buah Kelengkeng

Siapa sangka buah yang kecil dan manis ini  memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah tropis yang banyak dijual di pinggir jalan ini dengan rasa yang manis dan bentuknya yang bundar sangat populer. Buah kelengkeng saat ini bukan hanya disajikan pada saat perayaan tahun baru cina, tetapi sudah menjadi penghias meja makan, dan merupakan buah penutup hidangan yang sangat digemari.

Buah kelengkeng dengan nama ilmiah Dimocarpus longan memiliki banyak manfaat karena kandungannya yang kaya akan vitamin, protein, karbohidrat dan serat. Karena banyaknya manfaatnya saat ini buah kelengkeng tidak hanya dimakan pada saat segar, sebagian industri sudah membuat buah kelengkeng dalam kaleng, bahkan  buah lengkeng atau kelengkeng dapat dikeringkan untuk dijadikan bahan pembuat minuman segar.

Selain sebagai buah yang enak untuk dimakan ternyata kelengkeng juga bermanfaat untuk tubuh dan kulit, karena dalam 100 gram buah kelengkeng terdapat 1,3 gram protein, 15 gram karbohidrat, 1,3 gram serat  dan mengandung  84 miligram nutrisi c. Berikut manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di buah kelengkeng dapat menjaga dan memperbaiki kerusakan pad pembuluh darah, sehingga melancarkan sirkulasi darah, lancarnya sirkulasi darah sangat berpengaruh terhdapa kesehatan jantung. Sehingga diyakini rajin mengkonsumsi buah terutama kelengkeng dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Baca juga :  Wajib ada dirumah inilah 11 manfaat pepaya yang perlu anda tahu

Mencegah risiko batu ginjal

Penyakit batu ginjal muncul karena adanya proses kristalisasi mineral yang menumpuk di organ ginjal, kandungan mineral di buah Kelengkeng berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan kristal mineral atau disebut batu ginjal. Selain itu kandungan fosfor dalam buah kelengkeng juga berfungsi untuk membantu menyaring racun dalam tubuh sehingga mengurangi beban kerja ginjal.

Menurunkan berat badan

Kandungan Serat alami pada buah Kelengkeng diyakini mampu membantu membakar kalori dan melancarkan sistem pencernaan. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dianjurkan untuk mengkonsumsi serat, dan ini bisa anda dapatkan di buah kelengkeng. Selain itu, konsumsi secara teratur buah juga membantu menjaga perasaan tetap kenyang lebih lama sehingga Anda tidak mudah merasa lapar atau haus.

Mampu menurunkan kadar gula

Walaupun rasanya manis dan bentuknya yang lunak tidak berarti bahwa buah kelengkeng buruk untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan buah kelengkeng memiliki kandungan fenolik yang berfungsi mengurangi tingkat glukosa, dan mengatur fungsi glukosa darah.

Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Susu dikenal sebagai sumber asupan yang baik untuk kesehatan tulang. Namun demikian, itu tidak berarti bahwa susu adalah sumber asupan tunggal. Ada banyak sumber asupan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Contohnya adalah froisse kelengkeng. Seperti susu, buah kelengkeng juga mampu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini karena buah kelengkeng juga kaya akan fosfor, di mana fosfor berperan penting dalam kesehatan tulang seseorang.

Menjaga kesehatan mata

Wortel sering diidentifikasi dengan kesehatan mata seseorang. Meski begitu, banyak jenis buah lainnya memiliki manfaat yang sama. Contohnya adalah kelengkeng. Buah kecil ini mengandung riboflavin, yang merupakan senyawa penting dan merupakan bagian dari kompleks gizi B. Diyakini bahwa tubuh yang kekurangan riboflavin memiliki peningkatan risiko gangguan okular, misalnya, seperti katarak.

Baca juga :  Jambu biji merah, kandungan dan manfaat untuk kesehatan terutama ibu hamil

Membuat rambut lebih sehat dan kuat

Bagi wanita, rambut merupakan mahkota. Menjaganya butuh perhatian yang ekstra, banyak masalah yang sering muncul, yaitu rambut rontok dan rusak. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan memperkuat rambut, tentu saja, Anda membutuhkan konsumsi protein yang cukup. Anda bisa mendapatkan buah-buahan yang kaya protein seperti kelengkeng. Karena kandungan protein di Kelengkeng berguna untuk memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut.

Mencegah terjadinya penuaan dini

Kandungan Vitamin C yang tinggi di Kelengkeng memiliki peran penting sebagai sintesis kolagen yang berfungsi untuk mempertahankan stamina dan kesehatan. Tidak hanya Vitamin C, kandungan lain, seperti nitrogen dan antioksidan, juga bekerja sebagai anti-penuaan sehingga kulit lebih sehat, tidak kering atau keriput.

Mengatasi anemia dan kurangnya zat besi

Di  Cina, Kelengkeng adalah salah satu bahan tradisional untuk mengobati anemia, trombositopenia dan gangguan darah lainnya. Saat ini banyak wanita di kota-kota besar mengalami anemia karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Kondisi ini meningkat saat menstruasi atau saat hamil. Efeknya sangat berisiko mengalami tingkat gangguan anemia yang berat.

Salah satu cara untuk memenuhi asupan zat besi dalam tubuh secara alami yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi kelengkeng. Makan kelengkeng setiap hari, mampu secara bertahap meningkatkan jumlah trombosit dan konsentrasi hemoglobin dalam darah.

Mengurangi radikal bebas dalam tubuh

Radikal bebas sebenarnya berpotensi menyerang orang yang tinggal di daerah perkotaan. Selain polusi, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab paling penting. Rutinitas yang dilakukan berulang kali di luar ruangan dan akhirnya terakumulasi untuk menjadi radikal bebas. Sehubungan dengan ini, Kelengkeng dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi gangguan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan Kelengkeng dapat melindungi neuron dopamin  dari gangguan dan kerusakan serebral. Antioksidan dalam buah ini juga dapat mengurangi peradangan sel di otak.Proses ini terjadi dengan cara mereduksi radikal bebas yang terjadi dengan kandungan polifenol kelengkeng. Bahkan, dapat dikatakan bahwa kandungan polifenol dalam buah-buahan cukup tinggi.

Baca juga :  Bukan cuma buah, daun pepaya juga sangat bermanfaat

Menjaga kesehatan, kecantikan, dan kelenturan kulit

Faktor utama yang berperan dalam kesehatan kulit adalah kandungan vitain C yang tinggi di buah kelengkeng. Vitamin C dalam buah memainkan peran penting dalam hidrasi dan peningkatan kolagen pada kulit. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda dapat membuat masker dari buah kelengkeng.

Cek Juga

manfaat bengkuang

Manfaat lain dari bengkuang yang ternyata bagus untuk kesehatan

Bengkuang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang banyak di tanaman di Indonesia dan sangat mudah …

Tak ada ikan jantung pisang pun jadi

Tahu kah anda bahwa jantung pisang dapat diolah menjadi lauk layaknya ikan, olahan jantung pisang …

bawang bombai

Bawang Bombai, bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan

Bawang bombai merupakan salah satu jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan, Bawang bombai memiliki aroma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *