fbpx
bunga dan burung

Mengatasi masalah hama yang biasa menyerang bunga di tanam

Hama bukan hanya menyerang tanaman yang ditanam di sawah atau kebun, tanaman atau bunga yang anda tanam di taman pun tidak luput dari serangan hama. Serangan hama yang terjadi di tanaman bisa sangat cepat dan tanpa kita sadari, apalagi jika kondisi tanam yang rimbun, sangat cocok untuk perkembangan beberapa jenis hama.

Beberapa jenis hama yang kadang menyerang bunga di tanam diantaranya adalah siput, cacing, ulat, burung, tikus, dan anjing tanah. Serangan hama ini butuh perhatian karena sangat mengganggu perkembangan tanaman, bahkan mampu membuat bunga yang dipelihara sekian lama akan layu dan mati.

Serangga adalah salah satu hama yang sering dijumpai di taman Anda,  mereka bisa hidup di bawah tanah, di gulma tua atau tumpukan daun, atau di sejumlah tempat lainnya. Untuk membantu menjauhkan serangga hama dari tanaman anda cobalah untuk membersihkan tempat-tempat di taman Anda dan di dekat taman Anda yang menjadi habitat atau tempat hidup serangga hama ini. Buang daun tua, gulma, bahan membusuk yang dapat ditinggali serangga dan penyakit dari taman anda. Juga, secara teratur membalikkan tanah taman  Anda dan membongkar semua gumpalan kotoran sehingga Anda bisa menghilangkan ruang hidup serangga apa pun yang mungkin bersembunyi di bawah tanah.

Cara lain untuk membersihkan kebun Anda dari hama adalah dengan menggunakan semprotan insektisida yang digunakan untuk mengendalikan serangga dan penyakit yang merusak. Pada saat menyemprot insektisida pastikan tanaman anda bukan pada saat berbunga, karena beberapa larutan insktisida dapat merusak perkembangan. penyemprotan dengan menggunakan insektisida adalah salah satu alternatif ketika serangan hama sangat tinggi dan merusak tanaman anda, beberapa insektisida juga memiliki sifat reffelent atau penolak yang bertujuan untuk mencegah masuknya serangga ke tanaman anda. Pastikan penggunaan dengan bijak dengan membaca label yang tertera di kemasan, penggunaan yang kurang hati-hati selain dapat merusak tanaman, juga dapat membunuh serangga berguna seperti kupu-kupu dan lebah yang membantu penyerbukan dan juga laba-laba yang menjadi pemangsa beberapa jenis serangga

Baca juga :  Walang sangit hama padi yang kadang diremehkan

Masalah hama lain selain serangga yang sering muncul adalah burung. Kadang ketika kita melihat burung di taman, langsung mengusirnya, namun beberapa saat kemudian mereka akan datang lagi, burung biasanya bergerombol dan kerusakan yang ditimbulkan cukup parah, mereka senang dengan tanaman yang berbuah tetapi kerkadang merusak bukan hanya buah, tetapi bunga sampai ranting bisa dibuat patah.. Solusi yang saya temukan untuk menjauhkan burung dari taman saya adalah dengan meletakkan tempat makan burung di halaman rumah atau di sekitar taman.

Memberikan makanan burung yang sering mengganggu memiliki beberapa manfaat sekaligus, selain menghindarkan tanaman kesayangan anda dari kerusakan, burung ini juga merupakan aksesoris tambahan alami di taman anda, bahkan beberapa burung memiliki warna dan bunyi yang sangat merdu, tentu ini menjadi nilai tambah taman anda. Anda mungkin perlu mengeluarkan tambahan uang untuk membeli pakan burung tetapi dalam jangka panjang, ini akan menghemat uang Anda.  Meski tidak sepenuhnya melenyapkan masalah burung, pemberi makan burung saya telah membuat masalah menjadi lebih kecil. Memiliki seekor anjing  atau kucing juga membantu, mengusir burung, jika anda enggan untuk memberikan burung makanan setiap hari.

Jika Anda mulai melihat gundukan tanah di sekitar tanaman anda di taman, dan tanaman Anda ada mati tanpa alasan yang jelas, Anda dapat berasumsi bahwa Anda memiliki masalah anjing tanah atau orong-orong. Anjing tanah ini merupakan serangga pengerat yang hidup dalam tanah dan memakan bagian tanaman yang baru tumbuh, biasanya mereka beraksi pada malam hari, serangga ini biasanya bisa terbang, bahkan sampa 8 km dengan warna coklat muda sampai gelap, ciri khas mereka adalah adanya 2 taring yang keluar dari mulut mereka, untuk mengendalikan hama ini dapat menangkapnya langsung jika menjumpai di pekarangan atau tanaman, atau menggunakan insektisida butiran berbahan aktif karbofuran yang disebar di sekitar pertanaman. Jika anda memelihara hewan ternak sebaiknya pertimbangkan sebelum menggunakan insektisida ini.

Baca juga :  Lalat Bibit Padi Hama Yang Sering Disepelekan

Jika Anda mencurigai bahwa taman Anda sedang serang oleh salah satu hama disebutkan diatas, sebaiknya anda cepat melakukan tindakan pengendalian. Semakin lama Anda membiarkan spesies tersebut tinggal, semakin banyak kerusakan yang akan menjadi.

Originally posted 2021-11-04 15:38:23.

Cek Juga

kupu-kupu di tanan bunga

Ingin Tanaman anda didatangi Kupu-Kupu, simak caranya

Taman yang indah bukan hanya terdiri dari aneka macam tanaman, bunga atapun pohon buah, kehadiran …

tips memilih alat berkebun

Memilih alat berkebun terbaik untuk rumah

Bagi petani alat berkebun adalah wajib, cangkul, pacul, sabit, parang sampai alat-alat pertanian yang besar …

tips memiliht tanaman

Sebelum memilih tanaman untuk taman, perhatikan tips berikut.

Keanekaragan tanaman dalam taman kita adalah sebuah keindahan, namun beberapa orang justru suka dengan tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published.