fbpx
pns atau pengusaha

PNS atau Wirausaha, pilih mana?

Semakin berkembangnya teknologi informasi membuka wawasan banyak generasi muda untuk memiliki bisnis sendiri atau istilah kerennya enterpreneur, namun disisi lain menjadi seorang PNS atau ASN masih didambakan oleh banyak orang, hal ini terlihat jika pendaftaran penerimaan PNS terbuka, banyak generasi muda yang antri untuk mengikuti seleksi.

Kemudahan dalam berinteraksi yang sudah tidak terbatas oleh ruang dan jarak menjadi salah satu faktor banyaknya generasi muda yang mencoba peruntungan menjadi seorang wirausaha, tidak mengherankan saat ini berkembang usaha-usaha kreatif yang rata-rata dimotori oleh generasi muda, namun disisi lain keberadaan PNS juga menjadi daya tarik tersendiri, kepastian penghasilan dan masa depan adalah faktor utamanya.

Menjadi PNS atau seorang wirausaha adalah pilihan, namun sebelum memilih alangkah baiknya mengetahui kelebihan masing-masing, agar tidak salah pilih dan menyesal belakangan

Berikut ini kelebihan dan kekurangan wirausaha dibanding PNS sebagai bahan referensi buat kamu yang masih bingung menentukan pilihan

Kelebihan Wirausaha

Memaksimalkan potensi diri

Menjadi seorang wirausaha memungkinkan kamu untuk memaksimalkan potensi yang kami miliki sebaik mungkin, bukan berarti menjadi PNS potensi diri kita tidak maksimal, namun ketika menjadi PNS atau pegawai di perusahaan orang, kamu akan berada di lingkungan yang sama setiap hari dengan rutinitas yang berulang, bagi kamu yang cepat merasa bosan, menjadi pegawai mungkin bukan pilihan, berbeda ketika menjadi wirausaha, kamu bisa mengembangkan ide dan menciptakan inovasi-inovasi baru sesuai dengan passion kamu.

Baca juga :  Siap-siap Pendaftaran CPNS akan dibuka bulan Mei ini

Pendapatan yang tidak terbatas

Membuka usaha mandiri akan dihadarkan dalam berbagai resiko seperti rugi bahkan sampai berhutang, namun di sisi lain jika memiliki usaha, potensi pendapatan juga sangat besar, bahkan bisa tidak terbatas, tinggal bagaimana kamu bisa mengelola dan mengembangkan usaha semaksimal dan sekreatif mungkin untuk menghasilkan keuntungan berlimpah. Berbeda dengan PNS atau pegawai yang besaran gajinya sudah ditentukan, memang akan ada penambahan dari tunjangan tetapi besarannya yang terbatas.

Memiliki kontrol dalam bekerja

Menjadi seorang wirausaha atau pengusaha memiliki tanggungjawab yang cukup besar, karena harus mengatur dan mengontrol semua bidang usaha yang dijalankan sehingga menjadi seorang wirausaha memiliki wewenang penuh atas usaha dan pekerjaan yang dijalani. Mengatur standard operating procedure (SOP) sendiri dan menjalan perusahaan sesuai dengan keinginan sendiri adalah sebuah tantangan apalagi jika sudah memiliki karyawan. Berbeda dengan PNS yang segala sesuatunya sudah diatur dan ditentukan, bahkan sampai urusan pakaian. PNS harus tunduk pada aturan yang berlaku dan menuruti perintah atasan.

Mengatur Waktu

Sebagai seorang pengusaha kamu bisa mengatur jadwal sendiri dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih fleksibel. Kamu bisa menentukan sendiri jam kerjamu. Tidak seperti PNS yang jam kerjanya sudah ditentukan dengan pasti. Dengan demikian, seorang wirausahawan bisa memaksimalkan waktu yang mereka miliki untuk mengembangkan usaha.

liburan kapan saja

Liburan sudah menjadi kebutuhan dasar setiap orang, seorang wirausaha yang bisa mengatur waktunya dalam bekerja akan lebih mudah mengatur rencana liburannya, tanpa perlu menunggu waktu liburan atau mengajukan cuti untuk liburan kamu bisa pergi kapanpun kamu mau asal usahamu sudah jalan, atau kamu bisa meremote pekerjaan sambil liburan. Berbeda dengan PNS yang waktu liburnya sudah diatur dan apabila mengingkan liburan diluar waktu libur tentu harus ada persetujuan atasan atau setidaknya mengajukan cuti yang waktunya terbatas.

Baca juga :  Formasi lengkap CPNS Kementan 2021

Jadi bos perusahaan

Memiliki usaha sendiri menjadikan kamu sebagai bos, bagi perusahaan atau usahamu sendiri. Kamu adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Kamu sebagai pengambil keputusan dan bisa melakukan apa saja untuk mengembangkan bisnismu. Hal ini berbeda dengan PNS yang untuk naik jabatan saja harus memenuhi jenjang waktu dan syarat-syarat tertentu.

Kelebihan PNS

Melihat banyaknya minat pada saat pendaftaran PNS, tentu menjadi seorang PNS ataupun ASN juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh seorang pengusaha, berikut diantaranya

Penghasilan tetap

Sebagai seorang pegawai negeri sipil atau PNS, kamu memiliki kepastian akan pendapatan dengan adanya gaji pokok dan tunjangan-tunjangan. Kalau ada perjalanan dinas juga akan dibiayai, beberapa instansi juga menyiapkan rumah dinas, sehingga kamu tidak perlu berpikir masalah tempat tinggal,  Berbeda dengan wirausaha yang bisa dibilang penghasilannya tidak pasti serta harus membiayai semua biaya perjalanan bisnis seorang diri.

Mendapatkan uang pensiun

Salah satu hal yang menarik minat orang menjadi PNS adalah adanya uang pensiun. Adanya uang pensiun ini menjadikan masa depan di hari tua menjadi terjamin. Sementara, kalau jadi wirausahawan, kamu harus mengusahakan sendiri tabungan hari tua kamu. Kalau kamu tidak menyisihkan uang untuk tabungan hari tua, niscaya tidak ada jaminan untuk hari tuamu.

Disiplin

Menjadi seorang PNS menuntut kamu menjadi pribadi yang disiplin, karena sudah diatur dengan aturan yang jelas dan ketat, bukan berarti menjadi seorang wirausaha tidak disiplin, tetapi PNS akan bekerja berdasarkan aturan yang dibuat.

Tepat Waktu

Adanya jam kerja yang ditentukan, dan juga deadline kerjaan yang sudah menjadi SOP para PNS membuat mereka harus bisa menghargai waktu, menyelesaikan semua pekerjaan dikantor agar ketika pulang bisa memanfaatkan waktu dengan keluarga. Berbeda dengan seorang wirausaha yang tidak memiliki jadwal, sehingga terkadang pekerjaan dibawa sampai dirumah, pada saat awal-awal merintis usaha, kebanyakan waktu akan terkuras untuk mengurusi bisnis yang dijalankan sehingga waktu dengan keluarga lebih berkurang

Baca juga :  Pahami Alur Pendaftaran CPNS 2021 Sebelum Mendaftar

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan menjadi seorang wirausaha atau PNS. Tentu saja kamu bisa pilih sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu adalah orang yang tidak keberatan mengikuti aturan dan menginginkan kepastian penghasilan dan hari tua, kamu bisa pilih menjadi PNS. Sementara, kalau kamu adalah orang yang suka berinovasi dan ingin memiliki kebebasan dalam kerja dan mengatur waktu, maka kamu bisa memilih untuk menjadi pengusaha.

bagi kamu yang ingin menjadi seorang PNS kamu bisa membaca informasi berikut  pendaftaran CPNS 31 Mei, siapkan diri anda sekarang.

Originally posted 2021-08-21 03:38:27.

Cek Juga

daftar mobil bebas pajak

Diskon 100 persen untuk pajak mobil diperpanjang sampai Agustus

Rencana pemerintah memperpanjang insentif pajak atas penjualan barang mewah (PPnBM) berupa diskon sebesar 100% sampai …

pajak mobil

Resmi diperpanjang pajak penjualan barang mewah nol persen untuk mobil

Pemerintah kembali secara resmi memperpanjang masa pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk …

cara mencairkan blt umkm

Jangan Lupa Mencairkan segera BLT UMKM sebelum batas akhir pencairan

Bantuan usaha produktif untuk UMKM atau BLT UMKM sementara berjalan untuk tahap 3, para pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published.