fbpx
Insektisida penggerek batang jagung

Rekomendasi Insektisida Penggerek Batang Jagung

Membasmi hama penggerek pada batang tanaman jagung bisa dilakukan dengan bantuan insektisida. Pemilihan insektisida ini juga harus dilakukan dengan teliti agar Anda bisa mendapatkan panen yang bagus. Berikut adalah rekomendasi beberapa insektisida penggerek batang jagung yang bisa Anda gunakan.

Insektisida Minecto Xtra

Salah satu insektisida terbaru dari Syngenta yang terdaftar untuk mengendalikan ulat penggerek batang jagung (ulat grayak) dengan nomor pendaftaran No . 440.OL/Kpts/SR.330/B/08/2019. Insektisida berbahan aktif   Siantraniliprol dan Lufenuron sangat ampuh mengendalikan hama jagung, dengan dosis yang cukup rendah. Aplikasi yang dilakukan ditanaman jagung dengan cara penyemprotan merata dimulai pada saat munculnya serangan hama ulat.

Salah satu keunggulan Minecto Xtra adalah kandungan bahan aktifnya yang baru dan terbukti efektif mengndalikan berbagai jenis ulat mulai dari penggerek batang jagung, hama putih palsu sampai hama jenis penggorok daun di tanaman tomat dan cabai. Beberapa informasi dari petani pengguna insektisida ini mampu membekukan telur ulat penggerek batang sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan dari awal.

Insektisida Numectin 20EC

Numectin 20EC adalah rekomendasi insektisida pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengendalikan hama penggerek batang jagung. Insektisida ini berupa racun kontak dan lambung berbentuk pekatan berwarna kuning yang harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu.

Keunggulan dari Numectin 20EC ini adalah penggunaanya dinilai sangat ampuh untuk mengendalikan hama penghisap daun dan penggerek batang jagung karena memiliki daya spektrum luas. Cara kerja insektisida ini adalah langsung masuk ke dalam jaringan batang tanaman jagung.

Insektisida Numectin 20EC sangat efektif digunakan untuk dosis rendah, sehingga lebih ekonomis. Di samping itu, penggunaan insektisida yang satu ini tidak akan memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitar. Takaran penggunaan numectin sendiri adalah 10 hingga 20 ml pr 16 liter air.

Baca juga :  Mewaspadai serangan wereng jagung

Insektisida PHEFOC HCS

Pestisida herbisida fungisida organik cair atau biasa dikenal sebagai insektisida PHEFOC HCS adalah obat yang digunakan untuk membasmi hama penggerek pada jagung. Produk ini berupa insektisida cair yang dilarutkan ke air terlebih dahulu sebelum disemprotkan ke tanaman jagung.

PHEFOC HCS adalah insektisida yang memiliki banyak fungsi. Hanya dengan satu produk saja Anda bisa mencegah timbulnya penyakit karena hama penggerek pada batang jagung. Insektisida ini bisa bekerja dengan efektif karena mempunyai kandungan mikroba hidup di dalamnya.

Penggunaan insektisida ini disarankan pada saat kondisi lahan lembab agar mikrobanya bisa berkembang biak lebih cepat dan megendalikan sasaran. Aturan pakainya adalah larutkan tutup botol PHEFOC HCS dengan 14 liter air, lalu semprotkan pada batang tanaman jagung.

Insektisida Furadan 3GR

Insektisida Furadan 3GR ini berupa butiran berwarna ungu yang berguna untuk mengendalikan hama penggerek batang tanaman jagung. Cara menggunakan insektisida ini adalah menaburkannya secara merata ke area lahan tanaman jagung.

Furadan 3GR mempunyai sifat sifat sistemik berupa racun yang bisa mengendalikan hama pada akar dan batang tanaman jagung. Anda hanya perlu menaburkannya secara langsung di sekitar media tanam agar hama penggerek pada batang tanaman jagung bisa hilang.

Insektisida penggerek batang jagung yang satu ini cukup ampuh apabila Anda menggunakannya dengan ukuran yang tepat. Pastikan Anda membaca aturan pakai insektisida ini yang sudah dicantumkan pada kemasannya terlebih dahulu.

Insektisida Sidatan XR 525 SL

Sidatan XR 525 XL merupakan insektisida dengan kandungan neristoksin yang bekerja secara lambung, kontak, dan sistemik. Insektisida ini bisa langsung diserap oleh batang jagung dan akan langsung diangkut ke seluruh bagian tanaman tersebut.

Baca juga :  Penyakit bulai masih menjadi kendala utama di tanaman jagung

Hama penggerek batang jagung akan langsung mati apabila terkena semprotan cairan insektisida sidatan XR 525 SL ini. Penggerek batang jagung juga akan langsung mati ketika memakan bagian tanaman yang sudah disemprot.

Penggunaan insektisida ini diaplikasikan sesuai dengan intensitas serangan penggerek batang jagung. Perhatikan populasi hama ini, lalu langsung saja lakukan penyemprotan insektisida Sidatan XR 525 XL. Pastikan Anda mengetahui takaran yang tepat agar mendapat hasil yang maksimal.

Insektisida Buldok 25EC

Pilihan insektisida untuk membasmi penggerek batang jagung yang terakhir adalah Buldok 25EC. Insektisida kontak ini berbentuk cairan yang bisa mengendalikan hama penggerek jagung dalam waktu singkat apabila Anda menggunakannya dengan ukuran tepat.

Anda bisa menggunakan insektisida yang berbentuk pekatan ini dengan mengemulsikannya pada air. Setiap kemasan insektisida Buldok 25EC berisi 500 ml yang takaran penggunaannya bisa Anda lihat langsung melalui kemasan.

Jenis hama yang bisa dikendalikan Buldok 25EC ini adalah penggerek batang jagung, orong-orong, ulat grayak, walang, dan gasir. Pada saat penyempotan, pastikan bahwa seluruh batang jagung terkena cairan Buldok 25EC, sehingga bisa bekerja secara efektif.

Beberapa rekomendasi insektisida penggerek batang jagung tersebut bisa Anda sesuaikan dengan intensitas serangan hama. Pastikan Anda menggunakannya dengan hati-hati agar tidak salah sasaran. Perhatikan setiap takaran yang harus digunakan agar serangan penggerak batang jagung bisa diatasi.

Cek Juga

memilih herbisida lahan pasang surut

Memilih herbisida yang tepat untuk padi pasang surut

Lahan pasang surut atau sawah pasang surut adalah lahan sawah yang tergantung pada air sungai …

Insektisida Mikrobiologi dari Bakteri

Sama seperti jamur, bakteri juga bisa digunakan sebagai agen hayati dalam pengendalian OPT tanaman perbedaan …

Insektisida Mikrobiologi Dari Jamur

Dalam penerapan pertanian organik atau berbasis lingkungan penerapan agen hayati untuk pengendalian Hama dan Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *