fbpx
tips memiliht tanaman

Sebelum memilih tanaman untuk taman, perhatikan tips berikut.

Keanekaragan tanaman dalam taman kita adalah sebuah keindahan, namun beberapa orang justru suka dengan tanaman yang seragam, selain karena kerapian juga memudahkan dalam perawatan karena jenis tanamannya seragam. Sering kali kita membeli tanaman yang rencananya akan ditanam di taman secara spontan kemudian menemukan tidak ada tempat di taman yang benar-benar cocok untuk mereka.
Sebelum membeli tanaman, atau terkadang ketika berkunjung ke penjual tanaman kita tertarik dengan sebuah tanaman, namun begitu sampai di rumah malah bingung mau ditanam di mana karena kita tidak punya perencanaan sebelumnya.
Olehnya perlu untuk memeriksa taman Anda dengan cermat untuk kemudian menentukan jenis tanaman yang akan kita beli nantinya.

Tips memilih tanaman untuk taman

Kondisi taman

Sebelum memutuskan membeli tanaman, alangkah baiknya anda mengetahui kondisi taman anda, apakah tamannya berada di lapangan terbuka atau ternaungi, bagaimana kondisi tamannya
apakah tergenang atau kering dan juga apakah sirkulasi udaranya bagus atau tidak. Jika sudah tahu kondisinya anda bisa menyesuaikan dengan tanaman yang anda akan beli
misalnya tanaman yang menyukai naungan untuk area terlindung, pencinta matahari untuk tempat yang terbuka, tanaman tahan kekeringan untuk area kering, cerah atau teduh, dan tanaman rawa untuk bagian yang
tidak memiliki drainase yang baik.

Jenis tanah

Tanaman anda nantinya akan ditanam di lahan langsung atau di dalam pot, harus anda tentukan sebelumnya, uji tanah Anda terlebih dahulu, untuk menentukan tingkat pH tanah Anda dan jenis nutrisi apa yang perlu Anda tambahkan, jika ada.
Apakah tanah asam atau basa? Sebagian besar tanaman lebih menyukai tanah yang sedikit asam, tetapi ada beberapa yang harus memiliki tanah alkali untuk tumbuh. Anda dapat mengubah tingkat pH
tanah terutama untuk yeng menggunakan media tanam pot, tetapi bagi tanaman yang ditanam di lahan langsung jauh lebih mudah untuk hanya menanam jenis tanaman yang cocok untuk kondisi tanah yang Anda miliki.

Baca juga :  Unik !!! Ide hadiah dengan peralatan berkebun

Penempatan

Sebelum memutuskan membeli tanaman untuk taman, pastikan untuk mengetahui penempatan dan posisi tanaman nantinya Apakah Anda akan menanam dalam kelompok atau sendiri-sendiri?
untuk Penanaman secara berkelompok sebaiknya diatur agar penampilan taman lebih harmonis dan Anda dapat memvariasikan warna sesuai minat.

Tips mengatur posisi tanaman dalam taman

  • Sebelum menanam, letakkan tanaman pilihan Anda di sekitar tempat yang akan anda tanami, bisa menyimpannya sementara dalam pot untuk melihat tampilannya. Atur ulang sampai Anda puas.
  • Mengelompokkan tanaman dalam kelompok bertiga atau lima biasanya terlihat lebih baik daripada menanam dalam kelompok yang jumlahnya genap.
  • Pastikan Anda memiliki kombinasi warna dan tekstur tanaman yang menarik.
  • Tanaman tinggi harus menghadap ke belakang, atau ke tengah jika taman Anda akan terlihat sama dari semua sisi.
  • Usahakan untuk menjauhkan tanaman Anda dari pohon. Akar pohon sangat kompetitif dan akan mencuri semua nutrisi dan kelembapan untuk bunga Anda.
  • Skema warna yang tepat merupakan salah satu cara untuk menjaga keharmonisan taman Anda. Bayangkan warna bunga saat mekar. Beberapa warna mungkin bentrok dengan warna lain, tetapi masih bisa ditanam berdampingan jika memiliki musim mekar yang berbeda.
  • Warna dedaunan juga penting. Banyak tanaman bunga memiliki dedaunan berwarna perak, abu-abu atau keunguan yang sama menariknya dengan bunganya. Artinya mereka masih menarik setelah musim mekar dan memiliki nilai tambah.

Cek Juga

kupu-kupu di tanan bunga

Ingin Tanaman anda didatangi Kupu-Kupu, simak caranya

Taman yang indah bukan hanya terdiri dari aneka macam tanaman, bunga atapun pohon buah, kehadiran …

tips memilih alat berkebun

Memilih alat berkebun terbaik untuk rumah

Bagi petani alat berkebun adalah wajib, cangkul, pacul, sabit, parang sampai alat-alat pertanian yang besar …

cara membasmi ulat

Bagaimana Cara Membasmi Ulat pada Tanaman? Ini Triknya

Siapa yang tidak terganggu dengan keberadaan ulat pada tanaman, terutama bagi Anda pecinta tanaman hias. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *