fbpx
cpns 2021

Siap-siap Pendaftaran CPNS akan dibuka bulan Mei ini

Setelah sebelumnya tahun 2020 sempat tertunda, tahun ini akan dibuka kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) tepatnya bulan Mei tahun 2021. Saat ini pemerintah tengah melakukan persiapan jelang seleksi Calon Apratur Sipil Negara (CASN) 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran CASN 2021 sudah dimulai sejak April kemarin yang dimulai dengan perekrutan calon pegawai negeri sipil melalui sekolah kedinasan (DIKDIN), yang kemudian akan dilanjutkan bulan Mein ini dengan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan seleksi  pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dalam seleksi CASN tahun ini, pemerintah akan mengalokasikan CPNS dan PPPK ke dalam 272.000 formasi. Melansir laman resmi Sekertariat Kabinet (Setkab) 189.000 formasi akan dialokasikan di pemerintah daerah (provinsi, kota, dan kabupaten) dan 83.000 formasi akan dialokasikan di pemerintah pusat (kementerian dan lembaga). Sementara untuk formasi CASN, baik
PPPK Guru, PPPK Non-Guru maupun CPNS, terdapat tambahan 1 juta formasi untuk PPPK Guru. Maka, formasi CASN 2021 kurang lebih akan sebanyak 1.272.000 formasi.

Formasi CASN 2021 tersebut dibagi dalam tiga kategori formasi berdasarkan cangkupan wilayah. Cangkupannya antara lain
untuk pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Cakupan formasi tersebut terbuka untuk calon pendaftar lulusan S1, S2, dan SMA. Namun, untuk lulusan SMA hanya bisa mendaftar di beberapa formasi tertentu. “Untuk (lulusan) SMA itu spesifik, misal untuk penjaga rumah tahanan atau penjaga rutan. Itu kan tidak perlu keahlian khusus,” kata Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Formasi

Adapun daftar formasi lengkap untuk CASN 2021, antara lain:

  1. Formasi di pemerintah pusat Alokasi CASN terbanyak di pemerintah pusat terdiri atas: Jabatan dosen Penjaga tahanan Penyuluh keluarga berencana Analis perkara peradilan, serta pemeriksa
  2. Formasi di pemerintah provinsi Alokasi CASN terbanyak di pemerintah pusat terdiri atas: Jabatan guru, yaitu guru bimbingan konseling, guru teknologi informasi dan komputer, serta guru matematika. Jabatan tenaga kesehatan, yaitu perawat, dokter, dan asisten apoteker. Jabatan teknis antara lain, pranata Komputer, polisi kehutanan, pengawas benih tanaman.
  3. Formasi di kabupaten/kota Alokasi CASN terbanyak di pemerintah pusat terdiri atas: Jabatan guru antara lain guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling. Jabatan tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah perawat, bidan, dan dokter. Jabatan teknis antara lain, penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang/jasa.

Syarat pendaftaran CPNS 2021

Bagi yang ingin mendaftar CPNS tahun 2021, alangkah baiknya saat ini sudah mempersiapkan peryaratan pendaftaran, walaupun hingga saat ini, persyaratan terkait CPNS 2021 masih dipersiapkan oleh panitia seleksi. Namun persyaratan pada CPNS 2020 dapat dijadikan acuan untuk tahun ini karena biasanya persyaratannya tidak jauh berbeda. Berdasarkan persyaratan di tahun sebelumnya, kemungkinan akan terdapat beberapa tambahan persyaratan maupun perubahan mengingat lulusan SMA diperbolehkan mendaftar CASN tahun ini.

Berikut syarat pendaftaran CPNS 2020:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun, ketentuan lebih lanjut akan diumumkan kemudian dan diatur pada Portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id).
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai Swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  • Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00.
  • Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.
Baca juga :  Pahami Alur Pendaftaran CPNS 2021 Sebelum Mendaftar

Link pendaftaran CPNS 2021

Pendaftaran CPNS 2021 akan dilakukan secara online dengan menggunakan satu portal  yaitu Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN), yang bisa diakses di sscasn.bkn.go.id. Saat ini panitia Seleksi CASN 2021 tengah mengupayakan perbaruan sistem yang diklaim lebih aman, praktis, dan transparan. Kepada BKN, Bima Haria Wibisana menyebutkan SSCASN yang disiapkan tahun ini akan menghadirkan beberapa fitur baru, seperti: Peserta tidak perlu mengunggah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Hal ini karena sistem SSCASN akan diintegrasikan dengan data NIK Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, serta akses data ijazah dan akreditasi di Perguruan Tinggi Kemenristekdikti. Peserta dapat mengakses seluruh informasi tekait ketersediaan formasi dalam satu portal. Pencegahan tidak kecurangan dan percaloan. Ini didukung dengan Computer Assisted Test (CAT) yang dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah yang dapat mengidentifikasi peserta selama ujian. Dapat memfaislitasi peserta ujian di luar negeri.

Originally posted 2021-09-22 03:38:29.

Cek Juga

tolak impor beras

Berbagai pihak menolak rencana impor beras pemerintah 1 juta ton

Rencana pemerintah untuk impor beras sebanyak 1 juta ton yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu …

beras impor

Ini yang harus pemerintah perhatikan sebelum impor beras 1 juta ton

Profesor Muhammad Firdaus salah satu Guru Besar IPB, berpendapat kebijakan impor satu juta beras dalam …

beras impor sudah datang

Pemerintah dalam waktu dekat akan impor 1 juta ton beras, semoga harga beras tetap stabil

Indonesia dalam waktu dekat berencana melakukan import beras sebanyak 1 juta ton, Menteri Koordinator Bidang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *