fbpx
tips memilih tanaman untuk taman

Tips memilih tanaman yang sempurna untuk taman pekarangan

Jika Anda berpikir untuk membuat taman, ini adalah hal pertama yang Anda butuhkan. Pertimbangkan jenis tanaman yang akan Anda akan tanam. Ada beberapa perbedaan jenis tanaman yang perlu anda ketahui dan juga cara perawatannya. Seringkali sulit untuk memilih hanya satu jenis saja, tetapi kami harap Anda bisa mempersempit atau menanam beberapa jenis tanaman di dalam taman anda. Jika semua tanaman Anda Serupa, memudahkan anda untuk mengurusnya, sehingga waktu anda tidak habis di taman anda. Tapi jika anda menanam banyak jenis tentu lebih variatif misal menggabungkan tanaman obat dengan bunga atau gabungan tanaman sayuran dengan obat.

Beberapa ide tanaman utama untuk Anda pilih.

Bunga

Jika Anda hanya mencari sesuatu yang terlihat lucu di taman Anda, ini bisa dilakukan, Anda bisa menanam bunga di taman. Saat ini banyak sekali jenis bunga apalagi menanam bunga menjadi sebuah kebiasaan baru pada saat pandemi Pilihnya bunga abadi, untuk memudahkan dalam perawatannya. Bunga abadi adalah bunga yang tetap sehat sepanjang tahun, biasanya mereka termasuk Gulma/rerumputan yang memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga cocok di tanam di taman anda, namun memiliki penampilan yang cantik dan beranekaragam.
Setiap daerah memiliki bunga berbeda yang dianggap abadi, dan memiliki ciri khas sehingga sangat bagus untuk dikoleksi, khususnya di Indonesia dengan suhu tropisnya yang kaya akan jenis bunga. Anda bisa membuat daftar bunga yang ada di wilayah anda atau yang saat ini sedang populer dan kemudian melegkapi koleksi anda. Saat ini sangat banyak penjual bunga yang bisa anda temui di pinggir jalan atau di sosial media yang menawarkan dagangan mereka.

Beberapa jenis bunga saat ini yang sedang populer dan bisa menjadi referensi adalah

  • kaktus tulang ikan
  • Aglonema
  • Caladium
  • Kaktus telinga kelinci
  • Chinese Money Plant
  • Velvet Calathea
  • Lidah mertua
  • African milk tree
Baca juga :  Inspirasi mengatur tanaman dalam Pot di dalam rumah untuk Pemula
Sayuran

Pilihan lain untuk taman Anda adalah memiliki kebun sayur. Menanam sayuran di taman atau pekarangan biasanya membutuhkan lebih banyak pekerjaan dan penelitian daripada taman bunga Tetapi itu bisa lebih bermanfaat. Tidak peduli jam berapa sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan sayuran yang masih tumbuh subur yang bisa anda langsung masak. Dengan cara ini taman Anda bisa memberikan Anda hasil hampir setiap hari sepanjang tahun!
Kapan Saat memulai kebun sayur? , Anda harus memulainya dengan pikiran yang bijaksana, memilih jenis sayuran yang cocok dan gampang anda pelihara. karena Anda akan menambahkan lebih banyak jenis sayuran nanti. Ini akan membantu kemampuan Anda untuk berkembang dalam bercocoktanam. Setelah semua sayurana Anda panen, anda bisa menikmati hasilnya dan memulai lagi dengan tanaman yang baru, tentu tidak harus jenis yang baru. Anda bisa menanam jenis yang sama atau menambah beberapa variasi sayuran baru.
Menanam sayuran di pekarangan merupakan pekerjaan yang cukup menantang dibandingkan menanam bunga, karena keberadaan sayuran bisa memancing datangnya hama, tetapi itu biasa anda atasi dengan beberapa teknik pengendalian, terutama jika lahan anda tidak terlalu luas, karena itu menanam sayuran memerlukan pengamatan, bukan hanya pada tanamannya tetapi juga pada hama atau penyakit yang menyerang.
Beberapa jenis tanaman yang gampang di kelola di taman diantaranya:

  • Kangkung
  • Bayam
  • Sawi
  • Pakcoy

Anda tinggal mendatangi toko pertanian untuk membeli perlengkapan bertani sekaligus benihnya, selalu perhatikan masa kadarluarsa/expire dari benih yang anda beli, jika anda tidak ingin sia-sia menanam sayuran dan tidak tumbuh.

Buah-buahan

Kebun buah merupakan salah satu jenis taman yang paling sulit untuk dikelola. Ini jelas merupakan perawatan yang paling tinggi diantara jenis tanaman yang bisa ditanam di taman. Saat menanam tanaman buah, lebih banyak lagi hama akan tertarik dengan rasa manisnya dibandingkan dengan menanam sayuran. Anda tidak hanya harus berurusan Dengan kotoran dan pupuk kandang yang anda gunakan, Anda juga harus menghadapi hama dan penyakit yang menyerang tanaman anda.
Untuk perawatan tanaman buah diperlukan insektisida dan fungisida tetapi harus digunakan secara bijaksana agar aman untuk menkonsumsi buah anda sendiri, atau anda bisa menggunakan pestisida nabati dari bahan-bahan yang ada disekitar anda. Atau bisa juga membuat pestisida organik, silahkan cari di google atau youtube, banyak sekali tutorial cara membuat pestisida organik yang bisa anda ikuti.
Perlu diingat Kebun buah itu tidak akan menghasilkan buah sepanjang tahun. Anda bisa menggunakan tanah yang ada disekitar tanaman Anda untuk menanam tanaman lain misal tanaman sayuran ataupun bunga. Menanam buah sangat cocok bagi yang memiliki pekarangan luas.
Beberapa jenis tanaman yang bisa ditanaman diantarannya :

  • Mangga
  • Rambutan
  • Lengkeng
  • Pepaya
Baca juga :  Hal yang sering di lupakan saat bertanam sayuran di pekarangan

Pilihlah yang bagus untuk Anda dan bisa anda pelihara.

Sekarang saya telah menguraikan beberapa jenis pilihan tanaman yang bisa menjadi referensi utama dalam berkebun yang sering ditanam orang
Pilihan ada di Anda, saya harap Anda bisa membuat keputusan yang baik. Pada dasarnya, tipe taman itu semua tergantung pada jenis produk yang Anda inginkan dan jumlah pekerjaan yang Anda bisa lakukan di kebun tersebut. Jika Anda mencari produk apa pun tanpa pekerjaan yang berat, mulailah dengan Taman Bunga. Jika Anda menginginkan banyak produk enak, tetapi Anda harus  siap untuk menghabiskan berjam-jam di kebun Anda setiap hari, cobalah berkebun sayuran atau buah-buahan. Hanya Pastikan Anda tidak melakukan sesuatu yang tidak dapat Anda bisa tangani!

Cek Juga

tips memilih alat berkebun

Memilih alat berkebun terbaik untuk rumah

Bagi petani alat berkebun adalah wajib, cangkul, pacul, sabit, parang sampai alat-alat pertanian yang besar …

tips memiliht tanaman

Sebelum memilih tanaman untuk taman, perhatikan tips berikut.

Keanekaragan tanaman dalam taman kita adalah sebuah keindahan, namun beberapa orang justru suka dengan tanaman …

manfaat anak berkebun

Ajari anak anda tentang menghargai alam, dimulai dengan berkebun

Tanam di sekitar rumah adalah miniatur alam, kita bisa membuat seperti layaknya alam bebas, tentu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *