fbpx
11 manfaat pepaya

Wajib ada dirumah inilah 11 manfaat pepaya yang perlu anda tahu

Banyak yang mengira bahwa pepaya adalah tanaman aasli Indonesia, ternyata Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. sebagaimana dimuat di wikipedia

Klasifikasi Pepaya:

Kingdom: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Rosidae
Ordo: Brassicales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: C. papaya

Tanaman yang bisa tumbuh dihampir seluruh wilayah Indonesia ini mengandung berbagai nutrisi yang penting dalam buahnya yang kecil seperti serat, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin B1, B3, B5, E serta K. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat bernama karotenoid, terutama satu jenis yang disebut lycopene.

Serat yang tinggi menjadikan pepaya ini pilihan utama ketika terjadi masalah pencernaan karena buah pepaya mampu melembutkan kotoran dan memperlancar buang air besar. Namun bukan hanya itu, ternyata pepaya memiliki banyak manfaat sehingga buah ini wajib ada dirumah anda.

Berikut 11 manfaat buah pepaya jika anda rajin mengkonsumsinya

Menurunkan kolesterol

Sebagaimana di jelaskan di atas bahwa pepaya mengandung banyak  serat, vitamin, dan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan zat tersebut sangat efektif untuk mencegah penumpukan dan menurunkan kolesterol dalam darah manusia.
Terjadinya penumpukan kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa berakibat terjadinya serangan jantung dan stroke. Pepaya yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga melancarkan peredaran darah

Baca juga :  Bawang Bombai, bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan

Menurunkan berat badan

Bagi yang melakukan program diet atau penurunan berat badan, salah satu buah yang disarankan adalah pepaya karena kandungan serat papaya yang tinggi , sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan berat badan. Bahkan, banyak yang merekomendasikan buah ini sebagai camilan sehat penunda lapar.
Anjuran itu tentu tidak sembarangan. Direkomendasikannya buah ini tidak lain karena jumlah kalorinya yang rendah. Sebagai perbandingan, pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori saja.
Namun, seratnya memiliki keunggulan dalam menjaga rasa kenyang lebih lama. Akibatnya, kamu lebih mudah mengontrol rasa lapar sehingga lebih mudah menekan keinginan untuk makan.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan nutrisi sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit, olehnya butuh asupan vitamin dan pepaya adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, pepaya berukuran sedang mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda sampai 200%. Vitamin C sendiri memainkan peran penting sebagai antioksidan. Terutama, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan terjaganya sistem imun, maka tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baik dikonsumsi penderita diabetes

Meskipun pepaya memiliki rasa yang manis, namun kandungan gula di dalamnya terbilang rendah. Apalagi, indeks glikemiknya pun demikian.

Alasan inilah yang membuat pepaya menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Selain itu, fitonutrien di dalamnya juga berperan penting untuk menekan munculnya risiko diabetes.

Menjaga kesehatan mata

Selain vitamin C, pepaya juga tinggi akan vitamin A dan jenis flavonoid lainnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin.

Kombinasi semua nutrisi tersebut berperan dalam menjaga selaput lendir mata agar tetap sehat. Efek panjang mengonsumsi buah ini secara rutin, yaitu mencegah terjadinya degenerasi makula pada mata.

Baca juga :  Mendapatkan Tubuh dan Kulit Yang Sehat Dari Buah Kelengkeng

Mencegah radang sendi

Salah satu manfaat buah pepaya yaitu menjaga sendi tetap sehat. Caranya, kamu rutin mengonsumsi buah ini setiap hari. Buah pepaya merupakan sumber antiinflamasi dan vitamin C yang baik dalam menjaga kesehatan sendi. Saking pentingnya, tubuh yang kekurangan vitamin C memiliki risiko 3 kali lebih besar mengalami arthritis atau radang sendi.

Menjaga sistem pencernaan

Seperti penjelasan di awal, buah pepaya memang dikenal baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Hal ini tidak lain karena kandungan zat papain di dalamnya berfungsi untuk menjaga hal itu. Kandungan lain seperti serat dan enzim juga berperan sama, yaitu menjaga kerja sistem pencernaan tetap optimal.

Meringankan nyeri saat menstruasi

Manfaat yang satu ini tentu sangat dirasakan oleh wanita. Saat sedang haid atau menstruasi, wanita biasanya mengalami rasa nyeri dan sakit yang sangat tidak nyaman. Kandungan papain pada buah pepaya diyakini mampu melancarkan aliran darah haid, sehingga rasa nyeri dan sakit otomatis akan berkurang.

Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi membuat pepaya cocok dikonsumsi sebagai solusi alami mencegah penuaan dini.

Selain kedua vitamin tersebut, kandungan antioksidannya (termasuk beta karoten) terbukti ampuh melindungi kulit dari efek radikal bebas yang muncul. Akibatnya, keriput dan gejala penuaan bisa diatasi dan diminimalisir.

Merangsang pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat buah pepaya yaitu membantu pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin A miliknya mampu merangsang pertumbuhan sebum, yaitu kandungan penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut, sehingga rambut akan terlihat lebih indah, tebal, dan kuat.

Mencegah risiko terjadinya kanker

Antioksidan, phytonutrient, dan flavonoid dalam pepaya secara efektif bisa berperan sebagai antikanker. Tak heran, buah pepaya kerap dikonsumsi sebagai pencegah paparan radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga :  Bukan hanya aroma dan rasanya ternyata durian juga bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat ini tidak lepas dari kandungan beta karoten di dalamnya, sehingga bisa menjadi pencegah risiko munculnya kanker prostat dan usus besar.

Originally posted 2021-10-17 15:38:33.

Cek Juga

Manfaat daun pepaya

Bukan cuma buah, daun pepaya juga sangat bermanfaat

Pepaya memang tanaman yang sangat penting, dan bagus untuk dibudidayakan di halaman, karena selain sebagai …

Buah Tin Ranum

Manfaat buah tin, buah yang disebut dalam Alquran

Salah satu buah yang disebutkan dalam alquran adalah buah tin bahkan ada salah satu surah …

manfaat bengkuang

Manfaat lain dari bengkuang yang ternyata bagus untuk kesehatan

Bengkuang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang banyak di tanaman di Indonesia dan sangat mudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *